Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

Aktivitas Dan Kebutuhan Ruang

Analisis aktivitas dilakukan untuk mengetahui kegiatan yang berlangsung pada kondisi kawasan. Perencanaan tapak perlu melakukan identifikasi karakteristik aktivitas yang kemudian dilajutkan dengan melakukan analisis aktivitas. Untuk melakukan analisis aktivitas maka diperlukan suatu analisis yang bertujuan untuk menentukan kebutuhan ruang berdasarkan karakteristik aktivitas yang telah diidentifikasi.

  1. Analisis Kebutuhan Ruang  :  Analisis kebutuhan ruang terdiri dari analisis pengguna dan aktivitas, sirkulasi pengguna, organisasi ruang, dan besaran ruang. Masing-masing analisis ini merupakan sebuah proses yang sistematis dan berurutan.
  2. Pengguna dan Aktivitas  :  Masing-masing pengguna di masing-masing kawasan memiliki karakteristik aktivitas yang berbeda, yang dapat mencirikan bentuk kawasan tersebut.
  3. Hubungan Antar Ruang  :  Hubungan antar ruang digunakan sebagai analisis untuk menentukan hubungan yang terjadi antar ruang. Dengan adanya analisis hubungan antar ruang ini, maka akan dapat memudahkan dalam pengaturan tata letak untuk masing-masing ruang yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s