Kawasan Sekitar Sungai Jajar

Kawasan di sekitar bantaran Sungai Jajar mayoritas berfungsi sebagai area pemukiman. Dengan bangunan permanen ataupun semi permanen mereka memenuhi  batas sepadan sungai yang seharusnya tidak boleh dijadikan suatu tempat kegiatan bermukim. Namun dengan alasan bahwa mereka sudah tinggal di area tersebut sejak jaman kakek nenek mereka dan masyarakat sekitar juga sudah menggantungkan kegiatan rumah tangga mereka seperti mandi dan mencuci di sungai tersebut, maka perkembangan kawasan di sekitar Sungai Jajar cukup pesat. Selain untuk pemukiman, bantaran Sungai Jajar juga dimanfaatkan sebagai tempat perdagangan dan jasa seperti yang terdapat di sekitar Jalan Sunan Kalijaga. Dimana kegiatan perdagangan dan jasa seperti bengkel, warung, tempat cuci kendaraan bermotor akan mudah kita jumpai di sepanjang jalan tersebut di tepian Sungai Jajar.

Tidak jauh dari Sungai Jajar, terdapat sebuah tempat wisata religi yang dapat mengundang banyak wisatawan domestik yaitu makan Sunan Kalijaga. Dimana tiap pekan akan ada banyak wisatawan yang berkunjung ke makam sunan tersebut untuk berziarah. Dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi obyek wisata religi tersebut, maka akan mudah untuk memajukan perekonomian di Kabupaten Demak.

Kabupaten Demak juga terkenal dengan produsen jambu air. Terletak di bagian utara Kecamatan Demak terdapat kebun jambu air yang cukup luas. Kebun jambu ini memanfaatkan air dari sungai jajar guna irigasi bagi puluhan ribu pohon jambu air. Hasil dari produksi jambu air tersebut tidak hanya bisa dinikmati di dalam negeri saja, melaikan sudah di export ke negara-negara tetangga seperti Singapore, Malaysia atupun Australia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s