Konsep Urban Catalyst Kec. Demak

Pada dasarnya pusat pertumbuhan suatu Kecamatan dimulai di pusat-pusat pemerintahan. Pusat pertumbuhan ini timbul dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat setempat dan sekitarnya. Pusat pertumbuhan Kecamatan juga dapat dimulai dari letak pusat pemerintahan yang disebelahnya yang memiliki pusat perdagangan dan bisnis serta memiliki intensitas pergerakan manusia yang tinggi di dalam daerah tersebut atau keluar masuk daerah tersebut.  Inti Kecamatan ini berfokus pada pembangunan ekonomi yang dapat bersaing secara regional dengan memperhatikan pembangunan berkelanjutan (tidak hanya memikirkan sekarang tetapi juga dampak jangka panjang bagi masyarakat).

Salah satu pusat aktivitas yang bisa dikembangkan di Kecamatan Demak adalah aktivitas pariwisata. Aktivitas pariwisata dapat menunjang perkembangan suatu wilayah karena pariwisata merupakan leading industri yang mampu menjadi stimulan perkembangan sektor lain. Aktivitas pariwisata ini merupakan salah satu Urban Catalyst sehingga mampu memberikan pengaruh bagi perkembangan wilayah dan perekonomian di Kecamatan Demak dan sekitarnya. Pertumbuhan ekonomi tersebut akan mampu meningkatkan pertumbuhan Kecamatan Demak melalui terwujudnya Kecamatan Terpadu Berbasis Pariwisata. Kecamatan terpadu berbasis pariwisata memerlukan sektor pendukung agar dapat mewujudkan perkembangan perekonomian Kecamatan Demak dan wilayah disekitarnya. Elemen-elemen tersebut yaitu :

Posisi tema transportasi yakni berada pada Catalyst yang menghubungkan antara obyek wisata yang satu dengan obyek wisata yang lain, tema satu dengan tema yang lain. Karena transport lebih bersifat universal dan semua aspek membutuhkannya. Transportasi sendiri terbagi menjadi dua yakni transportasi darat dan transportasi air. Transportasi air yakni menggunakan media Sungai Jajar sebagai prasarana utama dan bantarnnya sebagai pendukung. Perancangan transportasi air akan bisa menjadi salah satu catalyst terwujudnya Kota Terpadu Berbasis Pariwisata karena pengembangannya berdasarkan potensi-potensi yang dimiliki dan pemecahan permasalahan pada kawasan tersebut. Berdasarkan permasalahan yang terjadi di Kecamatan Demak yakni pusat kota tidak mampu memberikan pengaruh terhadap perkembangan sekitarnya, maka transportasi sungai berkontribusi pada terhubungkannya Kadilangu dengan Agrowisata dengan moda dan cara yang berbeda. Dengan demikian, pariwisata akan terpadu dan aktivitas lain juga ikut tumbuh. Untuk lebih rincinya, akan dijelaskan pada konsep perancangan Sungai Jajar di berikut ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s