Masalah

  1. Jenis tanah yang sedikit berlumpur menyebabkan pendangkalan sungai akibat sedimentasi. Adapun tanaman eceng gondok yang menyebabkan pendangkalan dan memperkecil penampang sungai yang mengakibatkan berkurangnya kapasitas penampang sungai untuk mengalirkan debit air.
  2. Banyak bangunan di bantaran sungai jajar yang melanggar aturan batas sempadan sungai dan beberapa tempat terdapat perkerasan di sempadan sungai akibat bangunan permanen illegal yang dapat mengganggu aliran air sungai.
  3. Aktivitas di sempadan sungai sekitar sungai seperti  lokasi perdagangan, jasa dan permukiman informal sehingga sungai jajar menjadi lokasi rawan untuk pembuangan limbah rumah tangga (aktivitas mandi dan cuci baju) dan limbah perdagangan (sampah).
  4. Debit air pada musim penghujan cukup tinggi, sedangkan pada musim kemarau terdapat aliran air meskipun relatif kecil. Keberadaan debit air di sungai Jajar ini tidak terlepas dari aliran masuk (return flow) dari daerah pengalirannya yang sebagian besar berupa areal persawahan. Dengan kondisi seperti itu, maka berpengaruh terhadap manajemen waktu dalam transportasi pariwisata, debit air dan kedalaman yang sewaktu-waktu bisa berubah.
  5. Pengelolaan infrastruktur di sekitar bantaran sungai belum tercukupi sepenuhnya. Seperti pada pengelolaan sampah, sebagian besar responden mengaku bahwa sampah yang mereka hasilkan dibuang ke sungai agar lebih cepat dan praktis. Belum ada pengelolaan persampahan secara komunal.
  6. Kondisi RTH di sekitar Sungai Jajar juga kurang optimal, hal ini disebabkan karena RTH yang dijumpai masih sangat minim dan dalam kondisi yang tidak terawat. Pemilihan vegetasi juga kurang tepat karena vegetasi yang ada hanya berfungsi sebagai peneduh saja yang kurang mampu menyerap air.
This entry was posted in Masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s