Executive Summary

Justifikasi Konsep Perancangan Jajar Transriver

Pemanfaatan transportasi air sebagai pendukung aktivitas-aktivitas pariwisata yang telah ada yakni Makam Kadilangu dan Agrowisata dengan perspektif  “Supply sides”. Dalam penentuan nama konsep, disesuaikan dengan konsep umum di atas, dengan kata kunci berupa sungai, transportasi, wisata, dan tentunya Demak. Nama konsep tersebut adalah Jajar Transriver yang memiliki arti transportasi untuk wisata yang menggunakan prasarana air berupa sungai. Dalam konsep Transriver, ditambahkan makna “Tourism Transportation” yang berarti transportasi sebagai penunjang wisata sekaligus menjadi daya tarik wisata yang nantinya ikut mempercepat pertumbuhan (catalyst) Kota Demak.

Konsep perancangan “Jajar Transriver  dimaksudkan agar menyelesaikan permasalahan mendasar pada Sungai Jajar yaitu kurang optimalnya pemanfaatan sungai jajar sebagai prasarana transportasi air dan ketidakpedulian masyarakat terhadap keberadaan sungai jajar.

Analisis Kebutuhan Ruang

Sumber : Analisis Kelompok 5B, 2012


Organisasi Ruang

Konsep Manajemen & Kelayakan Proyek

Konsep yang dipilih sebagai bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Demak dengan swasta dalam pembangunan “Jajar Transriver” adalah BOT (Build Operate Transfer). Keuntungan bagi pemerintah dapat mengurangi beban penggunaaan dana APBN/APBD atau pinjaman luar negeri, proyek BOT secara financial menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan studi kelayakan, dan biaya operasional. Pemerintah daerah tidak menanggung risiko kemungkinan terjadinya perubahan kurs. Pemerintah juga dapat melakukan kontrol terhadap kinerja operasional, standar pelayanan, dan perawatannya. Sedangkan bagi swasta sebagai pelaksana proyek dapat memanfaatkan lahan pemerintah untuk dikembangkan serta mendapatkan keuntungan secara finansial. Pembangunan “Jajar Transriver” membutuhkan investasi dari pihak swasta untuk pengoperasian dan pengelolaan Transportasi Air membutuhkan satu manajemen dalam jangka panjang.

CPM Konsep BOT

Sumber : Analisis Kelompok 5B, 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s